BABINSA BERSAMA WARGA LAKUKAN PSN

Lingkungan adalah kombinasi antara kondisi fisik yang mencakup keadaan sumber daya alam, serta flora dan fauna yang tumbuh di darat maupun di dalam laut, lingkungan terdiri dari dua komponen biotic dan abiotic.

Babinsa Kelurahan Kober Koramil 25/Purwokerto Selatan Koptu Budiman bersama Forum Kesehatan Kelurahan (FKK), Babinkamtibmas dan pengurus Dawis RT.01/02 Kel. Kober ,telah melakasanakan pemantauan jentik yamuk dan lingkungan, di Kelurahan Kober kec. Purwokerto Barat. Kamis (29/11/2018)

Giat tersebut mengajak masyarakat terlibat dalam menjaga kesehatan dan kebersihan lingkungan dengan membersihkan dari jentik nyamuk. Menjaga lingkungan yang bersih dan sehat merupakan suatu upaya pencegahan penyakit dari berbagai gangguan kesehatan, khususnya penyakit-penyakit berbasis lingkungan yang tidak bersih dan sehat seperti diare, filiriasis, TB paru, Infeksi Saluran Pernapasan Atas (ISPA), malaria, Cikunguya, Demam Berdarah Dengue (DBD) dan penyakit berbasis lingkungan lainnya.

Koptu Budiman mengatakan, ‘’penyakit yang disebarkan oleh nyamuk sebagai vektor tak sebatas demam berdarah dengue (DBD). Karena itu tiap rumah harus memastikan bebas dari jentik nyamuk guna untuk menghadang penyakit tersebut.’’ Ujar Koptu Budiman..

Melalui Babinsa, kegiatan Pemantauan Jentik Nyamuk dan Lingkungan, dilakukan pengecekan langsung, di tempat-tempat penampungan air, di rumah-rumah warga. “Kita akan dukung sepenuhnya program PSN di wilayah Kelurahan Kober ini. Yang kita laksanakan bersama-sama dengan instansi terkait”, ucap Babinsa Kober di sela-sela kegiatan.

“Dilaksanakannya pemberantasan sarang nyamuk, bertujuan agar masyarakat terbebas dari serangan penyakit demam berdarah (DB) atau demam berdarah dengue (DBD) yang disebabkan oleh nyamuk aedes aegypti, jenis nyamuk ini merupakan dapat membawa virus dengue, penyebab penyakit demam berdarah saya menghimbau dan mengharap kepada warga untuk selalu menjaga lingkungan, karena dengan lingkungan yang bersih dan sehat, warga terhindar dari segala macam penyakit,”tegas Babinsa Kel. Kober.

“Mari kita tingkatkan kepedulian dan kebersihan lingkungan dengan selalu membersihkan selokan-selokan dan tempat penampungan air , Karena nyamuk berkembang di tempat yang lembab,”pungkasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *