Giat Non Fisik TMMD Kanding, Penyuluhan dari Dinsos Permasdes dan Camat Somagede

Somagede – Selasa (12/03/2019) di Balai Desa Kanding Kecamatan Somagede Kabupaten Banyumas, telah berlangsung kegiatan penyuluhan dari Dinsos Permades dan Camat Somagede, dalam rangka kegiatan sasaran Non Fisik TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Sengkuyung I TA 2019 Kodim 0701/Banyumas.

Dalam kesempatan itu Bapak Agus Susanto, S. IP dari Dinsos Permasdes Kab. Banyumas menyampaikan bahwa Musrenbang Desa adalah forum musyawarah tahunan para pemangku kepentingan (stakeholder) desa untuk menyepakati Rencana Kerja Pembangunan Desa (RKP) tahun anggaran yang direncanakan. Musrenbang Desa dilaksanakan setiap bulan Januari dengan mengacu pada RPJM desa. Setiap desa diamanatkan untuk menyusun dokumen rencana 5 tahunan yaitu RPJM Desa dan dokumen rencana tahunan yaitu RKP Desa.

Lebih lanjut disampaikan Bapak Agus bahwa Musrenbang sebagai forum perencanaan (program) yang dilaksanakan oleh lembaga publik yaitu pemerintah desa, bekerja sama dengan warga dan para pemangku kepentingan lainnya. Musrenbang yang bermakna akan mampu membangun kesepahaman tentang kepentingan dan kemajuan desa, dengan cara memotret potensi dan sumber-sumber pembangunan yang tidak tersedia baik dari dalam maupun luar desa.

Camat Somagede Drs Wisnu Budi Santoso dalam kesempatan itu juga memberikan materi penyuluhan tentang Pemberdayaan Masyarakat Desa.

Camat Somagede menyampaikan bahwa Pemberdayaan masyarakat desa adalah upaya untuk mengembangkan kemandirian dan kesejahteraan masyarakat engan meningkatkan pengetahuan, sikap, keterampilan, perilaku, kemampuan, kesadaran, serta memanfaatkan sumber daya melalui penetapan kebijakan, program, kegiatan, dan pendampingan yang sesuai dengan esensi masalah dan prioritas kebutuhan masyarakat desa.

“Pemberdayaan masyarakat desa bertujuan untuk memampukan desa dalam melakukan tindakan bersama sebagai suatu kesatuan yang melibatkan berbagai pemangku kepentingan ditingkat pemerintah desa, masyarakat desa, maupun pihak lain untuk mendorong partisipasi dan mendayagunakan kemampuan masyarakat desa dalam proses pembangunan desa, menyusun perencanaan pembangunan yang berpihak pada kelompok miskin, serta meningkatkan kapasitas dan kualitas sumberdaya manusia di desa,” jelas Camat Somagede. (Koramil 09/Somagede)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *