Berita KODIM-0701 BANYUMAS

Home / Berita

PATUNG JENDERAL SOEDIRMAN “IKON BARU” KODIM 0701/BANYUMAS

KODIM-0701 Banyumas 25 Feb 2014, 12:58:3



Kodim  0701/ Banyumas kini memiliki patung Jenderal Soedirman setinggi 4,2 meter. Patung tersebut didirikan persis di halaman depan Markas Kodim 0701/Bms. Jenderal Soedirman yang dilahirkan di Dukuh Rembang Desa Bantar Barang Kecamatan Rembang Kabupaten Purbalingga Jawa Tengah pada 24 Januari 1916, selama ini dikenal sebagai Bapak TNI.

Komandan Kodim 0701 Banyumas, Letkol (Inf) Helmi Tachejadi Soerjono, SH mengatakan pendirian patung tersebut untuk mengenang jasa Jenderal Soedirman, sekaligus menandakan Banyumas menjadi bagian dari tonggak awal perjuangan Indonesia. “Saya bangga dengan perjuangan Jenderal Soedirman. Pendirian patung ini sebagai tanda bahwa Banyumas tempat awal perjuangan Indonesia” katanya. Dandim berharap, keberadaan patung dapat mengingatkan pemuda tentang jasa-jasa para pahlawan nasional.

Patung ini terbuat dari bahan fiberglass dan dibuat oleh seniman patung asal Bali, I Nyoman Nuarta. Perupa tersebut juga pernah membuat patung Jenderal Soedirman yang saat ini berdiri di kawasan Dukuh Atas, Jalan Jenderal Soedirman, Jakarta.”Patung ini dibuat oleh Nyoman. Karyanya sama persis dengan yang ada di Jakarta,” ujar Komandan Kodim 0701/Bms. Pengerjaan pendirian patung dimulai sejak Kamis (20/6) sore oleh anggota Kodim 0701/Banyumas. Patung Jenderal Soedirman mengambil sikap hormat menghadap ke arah utara. Selain akan menjadi ikon Kota Purwokerto, patung yang menjulang tinggi tersebut juga akan menjadi ikon Kodim 0701/Bms . (Dim 0701/Bms)