Berita KODIM-0701 BANYUMAS

Home / Berita

Komsos Bersepeda Koramil 11 Kemranjen

KODIM-0701 Banyumas 07 Nov 2014, 22:40:5



KORAMIL 11 KODIM 0701 / BANYUMAS

MELAKSANAKAN KOMSOS BERSEPEDA

 

Danramil 11/Kemranjen, Kapten Inf Sugito, dan 15 anggotanya melaksanakan kegiatan Komunikasi Sosial (komsos/anjangsana) dengan bersepeda ke Tokoh Masyarakat di Desa Sibrama Rt. 02 Rw. 06 Kecamatan Kemranjen, Peltu (purn) Kuat Santosa Abadi, mantan Bati Tuud Koramil 11/Kemranjen periode 2011-2012, pada Jum`at 24 Oktober 2014.

 

Rasa haru dan bangga diwujudkan oleh Kuat saat menyambut kedatangan anggota Koramil 11/Kemranjen yang dipimpin oleh Komandannya. Pria yang berumur setengah abad lebih itu, dan telah pensiun dari Dinas Militer sejak dua tahun lalu, nampak masih sehat dan bugar.  Kini beliau menekuni pekerjaan baru sebagai petani bersama keluarganya.  “ Saya sangat senang dan bangga atas kedatangan rekan-rekan dari Koramil. Semoga Allah melindungi kita semua dan melimpahkan rezekinya bagi yang selalu menjaga tali silahturahmi. Amiin “. Demikian ucapan Kuat Santosa Abadi sambil menitikkan air mata dan terbata-bata, yang tak kuat menahan rasa harunya.

 

Menurut Danramil, kegiatan ini merupakan perintah dari Dandim 0701/Banyumas, Letkol Inf  M. Asep Afandi S,ip. M.sc, yang juga merupakan perintah Penglima TNI,  agar mempertajam lagi kegiatan Komsos dengan berbagai cara, termasuk bersepeda. Selain menghemat BBM dan untuk kesehatan, dengan sepeda dapat menjangkau wilayah yang lebih luas dan gang-gang yang sempit, terutama wilayah pedesaan yang belum memiliki sarana transportasi jalan yang baik. Dan untuk kedepanya, rencana kegiatan bersepeda ini akan melibatkan semua unsur Muspika, elemen masyarakat lainya dan Club-club Sepeda yang ada di Kecamatan Kemranjen, yang akan dilaksankan tiap bulan pada hari Jum`at minggu ketiga. Jadi ikutan gaya blusukannyaala Jokowi, atau ngiras dan ngirus menurut Falsafah Jawa.

 

Jarak yang ditempuh oleh Koramil dalam bersepeda pada hari itu sekitar 15 Km, dengan sekali istirahat. Memerlukan waktu sekitar dua jam lebih. Melintasi Lima Wilayah Desa, yaitu : Desa Kecila, Desa Karangjati, Desa Nusamangir, Desa Sibalung dan Desa Sibrama. Tanggapan positif  diberikan atas kegiatan ini. Seperti yang disampaikan Kades Sibrama, Ibu Wagiyah. Menurutnya, TNI (Koramil11/Kmj) sudah memberi contoh dan memelopori untuk penghematan energi BBM. Pihaknya akan  bermaksud mengikuti langkah ini dan akan siap bekerjasama dengan TNI bila ada kegiatan serupa nantinya.

 

Sepeda yang digunkan berjenis sepeda Gunung, seperti Merk United, Polygon, Federal dan Phonix. Ada juga jenis Hamber dan Godzila. Ada juga mobil bantuan yang berfungsi sebagai bengkel lapangan dan medis mengikuti kegiatan bersepeda ini.  Start dan Finish berada di Halaman Kantor Koramil 11Kemranjen, Jalan Buntu-Gombong Km.3 Kemranjen. Selamat bersepeda ria ya Ndan, semoga sehat lahir dan batin.